Bangunan atau Konstruksi adalah lingkungan buatan (built environment) yang berfungsi untuk :
1. wadah atau tempat kegiatan manusia
2. untuk mengatasi/mengendalikan kendala alam
3. memanfaatkan potensi alam.
Maka Bangunan Laut adalah Bangunan atau lingkungan buatan (built environment) yang berada di Laut.
Jenis - Jenis Bangunan Laut
1. Bangunan Pelindung Pantai
2. Bangunan Lepas Pantai
3. Pelabuhan
Bangunan Pantai
Bangunan
pantai digunakan untuk melindungi pantai terhadap kerusakan karena
serangan gelombang dan arus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan
untuk melindungi pantai yaitu :
- Memperkuat pantai atau melindungi pantai agar mampu menahan kerusakan karena serangan gelombang
- Mengubah laju transpor sedimen sepanjang pantai
- Mengurangi energi gelombang yang sampai ke pantai
> Sea Wall
Seawall adalah struktur vertikal yang biasanya berukuran massive dan dibuat vertikal sejajar dengan pantai. Berfungsi sebagai pelindung/penahan terhadap kekuatan gelombang.
Jenis-Jenis Sea Wall :
- Curved Sea Wall
Curved
Seawall biasanya berbentuk struktur besar dan dibuat dengan campuran
beton. Curved Seawall memiliki bentuk kurva cekung yang dirancang untuk
membelokkan energi gelombang yang datang ke arah atas dan menjauh dari
bagian bawah seawall, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi gerusan di
dasar dinding.
- Gravity Sea Wall
Gravity
Seawall merupakan konstruksi yang bergantung pada berat bahan material
yang menyusunnya untuk memberikan stabilitas terhadap gaya gelombang
yang datang. Konstruksi ini membutuhkan tanah fondasi yang kuat untuk
mendukung gaya berat konstruksi secara memadai. Gravity Seawall dalam
menahan gelombang bergantung pada kekuatan geser sepanjang dasar
struktur untuk mendukung beban yang diterapkan.
- Steel Sheet Pile Sea Wall
Steel
Sheet Pile Seawall merupakan jenis seawall yang menggunakan baja
lembaran yang ditancapkan ke dalam tanah. Seawall jenis ini biasanya
digunakan di daerah yang intensitas gelombangnya relatif kecil.
- Concrete Block and Rock Walls
Concrete
Block and Rock Walls dibangun dari blok-blok beton dan batu-batu yang
dipasang di lereng buatan manusia. Konstruksi ini biasanya memiliki
biaya operasi yang lebih rendah dari seawall jenis lainnya dan memiliki
usia layan yang tidak lama. Bentuk lereng yang landai akan menghilangkan
kekuatan gelombang sedangkan batu-batu yang telah disusun akan menyerap
energi gelombang dan membagi gelombang utama yang datang menjadi
gelombang yang lebih kecil.
Groin
adalah struktur pengaman pantai yang dibangun menjorok tegak lurus
terhadap arah pantai. Bahan konstruksinya umumnya kayu, baja, beton
(pipa beton), dan batu. Pemasangan groin menginterupsi aliran arus
pantai sehingga pasir terperangkap pada “upcurrent side,” sedangkan pada
“downcurrent side” terjadi erosi, karena pergerakan arus pantai yang
berlanjut .
Perlindungan
pantai dengan menggunakan groin biasanya dilakukan dengan membuat suatu
seri bangunan yang terdiri dari beberapa groin yang ditempatkan dengan
jarak tertentu. Hal ini dimaksudkan agar perubahan garis pantai tidak
terlalu signifikan.
> Jetty and Piers
Jetty
adalah bangunan tegak lurus pantai yang diletakan di kedua sisi muara
sungai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen
pantai.
Sedangkan
piers merupakan sebuah struktur yang terdiri dari tiang-tiang pancang
yang menyangga dek kayu atau baja diatasnya yang biasa digunakan sebagai
akses pejalan kaki, memancing, dan penelitian. Piers biasanya
digolongkan termasuk ke dalam Jetty.
Jetty
Piers
Bulkhead
adalah dinding penahan vertikal untuk menahan atau mencegah tanah untuk
bergeser. Tujuan utama dari dibuatnya konstruksi bulkhead adalah untuk
mengurangi erosi tanah yang terbawa ke laut, bukan untuk mengurangi
banjir pantai atau kerusakan akibat gelombang. Bulkhead dibangun dengan
cara mengikis tebing tanah namun menyisakan bagian dasar tanah dan
meningkatkan stabilitas tanah dengan melindungi bagian dasar tanah
tersebut. Bulkhead dapat dibuat dari material batu, kayu, blok beton,
atau unit armorstone.
>Break Water
Breakwater
atau dalam hal ini pemecah gelombang lepas pantai adalah bangunan yang
dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai.
Pemecah gelombang dibangun sebagai salah satu bentuk perlindungan pantai
terhadap erosi dengan menghancurkan energi gelombang sebelum sampai ke
pantai, sehingga terjadi endapan dibelakang bangunan. Endapan ini dapat
menghalangi transport sedimen sepanjang pantai.
- Attached Breakwater
Tipe ini yang berhubungan langsung dengan pantai atau daratan
- Detached Breakwater
Tipe ini yang tidak berhubungan dengan garis pantai dan dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai.
Revetments
adalah sebuah permukaan penutup yang terdiri dari material tahan erosi
dan ditempatkan langsung pada sebuah lereng atau tanggul untuk
melindungi dari gelombang dan arus yang kuat. Konstruksi ini biasanya
dibangun untuk menjaga bentuk garis pantai dan melindungi lereng.
Revetments dibangun menggunakan armorstone atau rip-rap stone
disesuaikan dengan besarnya energi gelombang yang bekerja pada
lingkungan tersebut. Dalam konstruksi revetments ini juga digunakan
geotextile sebagai underlayer. Penggunaan geotextile bertujuan
melindungi bagian bawah konstruksi agar tidak terkontaminasi oleh tanah
dari dasar laut atau material-material yang tidak diinginkan lainnya.
Bangunan
/ Anjungan lepas pantai (Offshore Platform/Offshore Rig) adalah
struktur atau bangunan yang di bangun di lepas pantai untuk mendukung
proses eksplorasi atau eksploitasi bahan tambang maupun mineral alam.
Fungsi
utama dari bangunan lepas pantai adalah untuk eksplorasi dan produksi
minyak dan gas bumi. Adapun faktor lingkungan laut yang berpengaruh
untuk rancangan struktur bangunan laut terdiri dari kedalaman perairan,
angin, gelombang, arus, kondisi dasar laut, penggerusan dan tektonik
(gempa bumi).
Contoh bangunan lepas pantai :
> Jacket
Jacket
dikembangkan untuk operasi di laut dangkal dan laut sedang yang
dasarnya tebal, lunak, dan berlumpur. Proses konstruksi pada struktur
jenis jacket adalah jacket ditempatkan di posisi yang diinginkan,
kemudian pile dimasukkan melalui kaki bangunan dan dipancang menggunakan
hammer sampai menembus lapisan tanah keras. Kemudian deck dipasang di
atasnya dan dilas.
Pada
umumnya tower memiliki daya apung (self-buoyant) karena jacket tidak
dapat menyokong beban yang terlalu berat. Deck dipasang dan dilas di
atas tower. Struktur jenis ini dipasang di Laut Utara dengan kedalaman
sekitar 160 meter dan struktur bajanya mempunyai berat sekitar 40.000
metrik tonner.
Didesain
untuk eksplorasi dan produksi. Berupa struktur terapung, diikat dan di
tambat (moored) di site. Mempunyai kolom vertikal besar yang berfungsi
untuk menopang beban platform/deck dan terhubung dengan ponton besar
yang berfungsi sebagai ballasting. Struktur ini dapat digunakan pada
kedalaman 90-1000 meter.
Caissons
merupakan platform kecil dengan deck kecil yang dibutuhkan untuk
operasi di laut dangkal (tidak lebih dari 60m) dengan kandungan minyak
yang tidak banyak. Pada pemasangan konstruksinya, pile dipancang sampai
kedalaman yang cukup untuk menyokong deck kecil.
> Jack Up Structure
Pembuatan
Jack Up lebih menekankan kepada mobilitas dan eksplorasi pengeboran.
Karena bentuknya yang mirip dengan leg-barge, rig dapat berdiri langsung
di atas sumur dan spud can turun ke dasar laut dan mengangkat platform
di atas badan air.
Didesain
untuk produksi. Berupa semisubmersible/struktur terapung tetapi diikat
oleh vertikal pipe / cable pada dasar laut yang tetap bertegangan akibat
efek buoy dari ponton platform.
Platform
jenis ini dipasang apabila tanah keras di dasar laut tidak jauh dari
permukaan lumpur. Pondasi struktur dibuat berbentuk lingkaran dan
terbuat dari beton. Pondasi yang berat ini menyokong beberapa tower yang
kemudian menyokong deck baja.
Pelabuhan
Pelabuhan
adalah wilayah yang terdiri atas daratan dan perairan dengan batas
tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah dan kegiatan ekonomi yang di
pergunakan sebagai tempat bersandar, berlabuh, naik-turunnya penumpang
dan atau bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas
keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang serta sebagai tempat
perpindahan intra dan antar moda
- Pelabuhan terbuka
Kapal dapat merapat langsung tanpa bantuan pintu air,umumnya berupa pelabuhan yang bersifat tradisional.
- Pelabuhan Tertutup
Kapal masuk harus melalui pintu air seperti dapat kita temui di Liverpool, Inggris dan terusan Panama.
- Pelabuhan Umum
Diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat yang secara teknis dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP).
- Pelabuhan Khusus
Dikelola
untuk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu, baik
instansi pemerintah, seperti TNI AL dan Pemda Dati I/Dati II, maupun
badan usaha swasta seperti, pelabuhan khusus PT BOGASARI yang digunakan
untuk bongkar muat tepung terigu.
Jenis-jenis pelabuhan berdasarkan penggunaan :
- Pelabuhan Perikanan
Pelabuhan
perikanan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di
sekitarnyadengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah
dan kegiatan sistem bisnis perikananyang digunakan sebagai tempat kapal
perikanan bersandar, berlabuh dan/atau bongkar-muat ikan yang
dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang
pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra- dan antarmoda
transportasi.
Pelabuhan
ini tidak memerlukan kedalaman air yang besar, krn kapal-kapal motor
yang digunakan utk menangkap ikan tdk besar. Biasanya pelabuhan ini
dibuat di sekitar daerah perkampungan nelayan. Pelabuhan ini hrs
dilengkapi dgn pasar lelang, pabrik/gudang es, persediaan bbm dan juga
tempat cukup luas utk perawatan alat-alat penangkap ikan.
- Pelabuhan Perminyakan
Pelabuhan
minyak adalah sutu pelabuhan yang direncanakan khusus untuk muatan
bahan cair yang disalurkan melaului pipa-pipa untuk mencapai ke kapal.
Tipe
pelabuhan ini biasanya digunakan tipe jetty dan memerlukan moring
dholpin serta rumah pompa untuk keperluan pemindahan muatan cair dan
dilengkapi dengan instansi perpipaan untuk keperluan tersebut.
Konstruksi dermaga/pelabuhan minyak dapat dibuat dari konstruksi beton,
kayu atau pipa baja.
- Pelabuhan Penumpang
Pelabuhan
penumpang tidak banyak berbeda dengan pelabuhan barang. Tetapi pada
pelabuhan penumpang dibangun stasiun penumpang yang melayani segala
kegiatan yang berhubungan dgn kebutuhan orang yang bepergian, seperti
kantor imigrasi, duane, keamanan, direksi pelabuhan, maskapai
penerbangan, dll.
- Pelabuhan Barang
Pelabuhan
barang adalah suatu pelabuhan yang direncanakan khusus untuk keperluan
bongkar muat barang dan di lengkapi dengan gudang penyimpanan barang
serta Crane untuk memindahkan barang kekapal. Biasanya tipe ini adalah
tipe dermaga Jetty. Konstruksi beton, kayu atau konstruksi baja.
Pelabuhan ini dapat berada di pantai atau estuari dari sungai besar.
Daerah perairan pelabuhan harus cukup tenang sehingga memudahkan bongkar
muat barang.
- Pelabuhan Campuran
Pada
umumnya pencampuran pemakaian ini terbatas utk penumpang dan barang,
sedangkan utk keperluan minyak dan ikan biasanya tetap terpisah.
#YolaKL15516023
id line : yola_yla
ig : @yolasans
https://prezi.com/hamr427jveyd/bangunan-laut/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar